Alat Optik : Periskop dan Cara Membuat Periskop Sederhana - FISIKA EKA Ku Suka

Sabtu, 04 Maret 2017

Alat Optik : Periskop dan Cara Membuat Periskop Sederhana


Periskop adalah sebuah teropong yang digunakan untuk kapal selam. Namun,Periskop tak hanya digunakan di kapal selam namun juga berfungsi untuk melihat.

Periskop merupakan alat optik untuk mengamati suatu objek dari posisi tersembunyi. Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya. Periskop sederhana sering digunakan sebagai alat untuk melihat ketika dihalangi kerumunan orang. Periskop yang canggih biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja dan kapal selam.
benda yang berada diatas ataupun dibawah kedudukan kita. 







MEMBUAT PERISKOP SEDERHANA
Dengan membuat Periskop,kita  dapat mengetahui bagaimana cara membuat bayangan yang dibentuk melalui cermin. Tak sekedar itu, kita juga berkesempatan berkreasi dengan bahan dari barang-barang bekas

Alat dan bahan :
1. Kardus bekas
2. Cermin datar, 2 buah ukuran relatif kecil
3.Lem/Selotip
4.Busur Derajat
5.Gunting
6. Kertas biasa HVS atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.
 


Prosedur Pembuatan
 1. Bagilah kardus bekas menjadi lima bagian. Empat bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. Satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm.Lihat  Gambar 1.
2. Buatlah 2 lubang empat persegi panjang pada bagian B dan D. LihatGambar 2.
3. Buatlah kotak berukuran 6 cm x 6 cm pada setiap ujung bagian A danC. Gunakanlah pensil untuk menggambarnya. Setelah itu, buatlah garisdiagonal pada dua kotak tersebut,Potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yg lain Perhatikan Gambar.
4.  Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip. Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap kebawah.




0 komentar: