PRAMITA MAITRI HARI KE 3 UJIAN TERTULIS US KELAS VI SD NEGERI 101879 TG MORAWA - FISIKA EKA Ku Suka

Rabu, 28 April 2021

PRAMITA MAITRI HARI KE 3 UJIAN TERTULIS US KELAS VI SD NEGERI 101879 TG MORAWA

 


Selamat Pagi Semangat Pagi

Salam sehat

 

Hari ini, Rabu 28 April 2021 adalah memasuki hari ke 3 Ujian tertulis untuk siswa Kelas VI SD Negeri 101879 Buntu Bedimbar Kec.Tanjung Morawa Kab.Deli Serdang. Dan Pramita Maitri Br Tarigan sudah bersiap untuk mengerjakan soal-soal yang diujikan pada hari ini.




II.Uraian

36.Perhatikan gambar berikut :

 

Uraikanlah proses daur hidup yang terdapat pada gambar tersebut!

Jawaban :

Daur hidup capung hanya terdiri dari tiga fase yaitu telur, nimfa dan dewasa. 

Capung adalah hewan yang tidak bermetamorfosis sempurna. Telur capung menetas menjadi nimfa. Lalu nimfa tumbuh dan akhirnya berubah menjadi capung dewasa.

 

Urutan daur hidup capung adalah telur —> nimfa —> capung dewasa.

 




37.Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Kalor yang dimiliki suatu benda bisa berubah-ubah . Bisa naik bisa juga turun . Apabila air panas dan air dingin di campurkan maka akan menghasilkan suhu baru. Menurut pendapatmu mengapa hal tersebut bisa terjadi ?

Jawaban :

Menurut pendapat saya ketika mencampurkan air panas dan air dingin maka kalor yang dimiliki air panas berpindah sebagian ke air dingin. Air yang panas turun suhunya dan air yang dingin naik suhunya.


38. Rangkaian Listrik merupakan suatu kumpulan alat-alat listrik yang saling dihubungkan  atau dirangkai dengan sumber tegangan menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi dan kegunaan tertentu.Tuliskan 3 ciri-ciri rangkaian listrik secara paralel !

Jawaban :

Ciri-ciri rangkaian listrik secara Paralel :

a.susunannya tidak sebaris

b.ada rangkaian titik cabangnya

c.sumber arus listriknya sama


39.Matahari sebagai pusat tata surya mempengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya.Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda, oleh planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan , yaitu planet dalam dan planet luar .

Tuliskan apa yang dimaksud dengan planet dalam dan contohnya!

Jawaban :

Planet dalam adalah planet-planet yang lintasannya berada di dalam garis edar lintasannya dekat dengan Matahari dalam tata surya.

Contoh Planet dalam : Merkurius,  Venus , Bumi dan Mars.

 

40. Perhatikan gambar berikut !


Uraikanlah peristiwa yang terjadi pada gambar tersebut !


Jawaban :

Peristiwa yang terjadi adalah Gerhana Bulan.

Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa alam dimana cahaya matahari yang jatuh ke bulan terhalang oleh bumi. Ini terjadi saat kedudukan bumi berada satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Gerhana bulan hanya bisa terjadi saat bulan purnama.





TG Morawa, 28 April 2021

AET

0 komentar: