HANTARAN BANG RIDHO LUBIS KE LAU DENDANG - FISIKA EKA Ku Suka

Senin, 01 Mei 2023

HANTARAN BANG RIDHO LUBIS KE LAU DENDANG

Selamat malam semangat Pagi

Pengunjung dan Pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat

Salam hebat,

Sewaktu berlebaran bahkan ketika Buka Puasa Bersama di Gang Sanggup Wak Tembung sudah mengingatkan bahwa hari Minggu, 30 April 2023 adalah agenda untuh Hantaran Bang Ridho Lubis ke rumah calonnya di Lau Dendang. Maka untuk persiapan tersebut Waknya meminta kami menginap di Jalan Perjuangan Gang Sanggup N0.6 Medan.Hari Sabtu pagi Mom, Kak Fika dan Mita lebih dulu pergi ke Jalan Perjuangan Medan. Dari gang Sumber Tanjung Morawa naik Becak sampai Simpang Kayu Besar dan dari Simpang Kayu Besar ke Jalan Pancing naik angkutan Umum M97 atau Shandra Prima jurusan UNIMED.

Sedangkan penulis bersama Andini Maretia naik unit NMAX Hitam Doff sambil membawa beberapa perlengkapan menginap di Jalan Perjuangan Medan seperti Selimut, Cok Sambung, Senter Emergency dan Kipas Angin, Andini masih sekolah pada hari Sabtu, 29 April 2023. Ada kegiatan di sekolahnya maka penulis mempermisikannya pada guru Piket.

Hujan tengah hari di Tanjung Morawa, maka tertunda keberangkatan kami. Sambil menunggu hujan reda bersih-bersih sebentar di rumah Gang Sumber Lorong Mawar Tanjung Morawa. Setelah hujan nampak reda kami berangkat menuju Jalan Perjuangan Medan. Kami memilih rute Amplas, Jalan Menteng,Mandala By Pas, Jalan Selamet Ketaren, MMTC, Jalan Perjuangan, Gg Sanggup. Tiba kami di gang Sanggup rupanya Waknya sedang menghadiri Undangan Pesta dan pulangnya membeli perlengkapan Hantaran.

Apa itu Hantaran ?

Hantaran adalah oleh-oleh atau buah tangan yang diberikan keluarga pihak pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita atau sebaliknya.Karena itulah hantaran bisa juga disebut pengetuk pintu.

Sumber : Merdeka.com

Nenek Karo dan  Bolang Fika juga diundang untuk ikut hantaran. Dan rombongan Hantaran direncakan berangkat dari Jalan Perjuangan Gang Sanggup No.6 Medan pukul 10.00 WIB. Jelang pukul 10.00 WIB Nenek Karo dan Bolang Fika sudah tiba.Jelang pukul 10.00 WIB bersama MoM penulis mencari isi tepak yang akan dibawa ke Lau Dendanng.Kami lihat di daerah Aksara tidak nampak penjual bunga.Setelah berputar lagi kami arahkan ke Suka Ramai dekat lampu merah. Di sana kami lihat baru ada penjual bunga.

Mom Menanyakan apakah ada perlengkapan isi tepak untuk Hantaran. Ada pun isi tepak tersebut adalah :

-Sirih

-Kapur Sirih

-Tembakau

-Gamber

Penulis sambil melihat youtube melihat prosesi pengisian tepak yang dilakukan oleh Wak Haji anak-anak. Sirihnya 21 helai dan diletakkan secara telungkup.Sehingga penulis membagi menjadi 7 kelompok sirihnya.

 

Prosesi Hantaran alhamdulilah berjalan dengan lancar dan sukses. Dan direncanakan prosesi Pernikahannya pada hari Jumat, 7 Mei 2023 yang akan datang.

 

TG Morawa, 1 Mei 2023

AET


HANTARAN BANG RIDHO LUBIS DI LAU DENDANG

https://youtu.be/EChNrmIcrLw







0 komentar: