EDMODO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA Negeri 1 Juhar(4) - FISIKA EKA Ku Suka

Selasa, 14 Maret 2017

EDMODO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA Negeri 1 Juhar(4)




E.Fitur-fitur Yang Terdapat Pada Edmodo
    Ada beberapa fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses  pembelajaran , antara lain:
1.Polling
   Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat digunakan oleh guru. Fitur itu biasanya digunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu.
2.Gradebook
    Fitur ini mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis.
    Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat di export menjadi file.csv.
    Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
3.Quiz
   Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru.
   Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, benar salah, menjodohkan atau mencocokkan dan isian singkat.
4.File and Link
   Fitur ini befungsi mengirimkan note dengan lampiran file dan link.
   Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc,.ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.

5.Library
   Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar , video, sumber referensi, dan lain-lain.
    Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.

6.Assigment
    Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online.Kelebihan fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkin kan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document(pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “ Turn in “ pada kiriman assignment yang berfungsi menandai siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
7.Award Badge
    Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini.
8.Parent Code
   Dengan fitur ini, orang tua siswa dapat memantau aktivitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka.
   Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua siswa dapat mendapatkannya dengan meng-klik nama kelas/grup anak nya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.

Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, Edmodo merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online.

0 komentar: