KARENA SAGUSABLOG, POPULARITAS MULAI NAIK TAPI ISI TAS MASIH TETAP - FISIKA EKA Ku Suka

Rabu, 23 Mei 2018

KARENA SAGUSABLOG, POPULARITAS MULAI NAIK TAPI ISI TAS MASIH TETAP






Selamat siang semangat pagi
Pengunjung dan pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat,


SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia(IGI). SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr.Mung) dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).
sumber :www.sagusablog.com


Selanjutnya SAGUSABLOG membuka Workshop Online yang menggunakan Aplikasi Telegram sebagai media Komunikasi dan Diskusi secara full online, dibantu dengan beberapa MODUL dan Video tutorial pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri di rumah masing-masing.


Beberapa Gelombang sudah pernah dilaksanakan sampai tidak terasa bulan Mei 2018 ini merupakan Gelombang ke-11.
Berikut penulis uraikan urutan Gelombang Workshop Online SAGUSABLOG yang sudah terlaksana :
1.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 1 (22 - 29 Oktober 2016) 

2.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 2 ( 1-7 Nopember 2016)

3.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 3 ( 21 - 27 Nopember 2016)

4.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 4 ( 12 - 28 Desember 2016)

5.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 5 ( 08 - 15 Januari 2017)

6.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 6 ( 29 Januari - 5 Februari 2017)

7.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 7 ( 01 - 08 Maret 2017)

8.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 8 ( 25 - 31 Desember 2017)

9.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 9 ( 11 - 17 Maret 2018)

10.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 10 berkolaborasi dengan kanal Maluku Belajar ( 9 -30 April 2018)

11.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 11,
( sedang berlangsung saat ini dimulai tanggal 21-27 Mei 2018)






Selain Workshop Online SAGUSABLOG, mulai Maret 2017 sudah ada juga Workshop SAGUSABLOG LIVE di beberapa  daerah di seluruh Indonesia. Misalnya yang sudah terlaksana di Sumatera Utara :

1.Workshop SAGUSABLOG LIVE Kabupaten KARO
    (Jumat, 26 Januari 2018)





2.Workshop SAGUSABLOG LIVE Kabupaten Serdang Bedagai
     (Minggu, 29 April 2018)





Penulis pertama sekali mengenal Workshop Online SAGUSABLOG mulai gelombang ke-4 ( Desember 2016). Dan pada Workshop Online SAGUSABLOG gelombang ke-5 ( Januari 2017) baru LULUS.









Kemudian penulis belajar menjadi pelatih pendamping (MENTOR) mulai Workshop Online gelombang ke-6. Dari gelombang ke-6 lah nama penulis perlahan mulai dikenal sebagian guru-guru dari kabupaten Karo sampai ke Provinsi Sumatera Utara.


Seiring dengan berjalannya waktu, penulis terus mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG sebagai Mentor dan sampai juga di Workshop Online Gelombang ke-11 yang saat ini sedang berlangsung.


Tentu popularitas nama penulis juga mulai semakin naik, tapi isi tas (penghasilan atau pendapatan) penulis masih tetap. Akan tetapi penulis masih terus tetap bertahan mau belajar untuk menjadi Mentor dengan semangat Sharing dan Growing together. Karena penulis juga menyadari dan masih ingat betul, dulu penulis mengenal dan memperoleh pengetahuan tentang Blog dari SAGUSABLOG, dari Mentor-Mentor SAGUSABLOG yang mau berbagi, meluangkan waktunya untuk Sharing dan Growing togeghter.


Satu lagi yang paling penting bagi penulis karena Ikhlas. Kalau bukan karena Ikhlas mungkin penulis sudah lama angkat tangan bahkan angkat kaki dari dunia Mentor SAGUSABLOG. Tidak muncul lagi nama penulis di gelombang-gelombang pelaksanaan Workshop Online SAGUSABLOG.


Menurut penulis, ternyata di SAGUSABLOG selain belajar IT ada juga belajar Ikhlas. Berarti 2 akan didapat Tim Mentor bertambah ilmu IT nya dan Ikhlasnya. Apa itu ikhlas dan bagaimana ciri-cirinya ? Penasaran penulis lihat di Mbah Google dan inilah pengertiannya.

Secara harfiyah , ikhlas artinya tulus dan bersih.Adapun menurut istilah, ikhlas ialah mengerjakan sesuatu kebaikan dengan semata-mata mengharap rida Allah SWT.Bagi orang yang ikhlas, suatu perbuatan baik tidak harus dikaitkan dengan imbalan atau balasan, melainkan semata-mata mendapatkan rida Allah SWT.

Jadi meskipun tidak mendapat imbalan apa pun dan dari pihak manapun, akan tetap melakukan perbuatan baiknya tersebut.Ciri-ciri sifat ikhlas dalam jiwa seseorang dapat dapat tampak dari sikap perilakunya sehari-hari.Gejala-gejala seseorang dapat dilihat secara kasat mata, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.Tidak mengharapkan imbalan apa pun dari manusia, selain rido Allah SWT
b.Tidak merasa terpaksa atau terbebani dalam melakukan suatu pekerjaan
c.Tidak atas dasar perintah atau tugas dan kewajiban dari pihak lain
d.Mengerjakannya dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh
e.Tidak ingin dipuji atau disanjung oleh pihak lain
f.Melakukannya dengan penuh pengabdian.
sumber : http://www.bacaanmadani.com


Bagian yang terakhir itu mulai sesuai dengan salah satu nama penulis. Kebetulan itu pula nama yang diberikan orang tua penulis dan lagi-lagi kebetulan pula orang tua penulis adalah seorang guru SMP yang Alhamdulillah sudah 10 tahun pensiun dan masih sehat wal afiat.

Orang tua penulis yang masih dapat melihat bagaimana putranya menjadi seorang Guru SMA, dapat mengajari cucu-cucunya belajar yang sehat-sehat dan lincah-lincah. Penuh canda, tawa dan senyum.

Dan yang terakhir ketika melihat penulis berseragam IGI berangkat ke suatu daerah karena akan menjadi nara sumber SAGUSABLOG. Orang tua penulis tersebut bertanya ke Ibu penulis yang juga masih sehat wal afiat,
“ Mau kemana itu hari Minggu pergi ....?”
Ibu penulis menjawab : “ Di Undang oleh IGI Kabupaten Serdang Bedagai menjadi Nara Sumber “.

Bukan hanya penulis, berarti TIM Mentor yang saat ini mendampingi pelaksanaan Workshop Online SAGUSABLOG gelombang ke-11 memiliki juga ke ikhlasan yang tinggi.Terbukti sudah beberapa gelombang Tim Mentor selalu mendampingi pelaksanaan Workshop Online SAGUSABLOG.

SAGUSABLOG memang mulai terkenal dan Fenomenal, mulai banyak orang  mengenal dan jadi terkenal. Salam SAGUSABLOG dari Medan.


Demikian artikel   KARENA SAGUSABLOG, POPULARITAS MULAI NAIK TAPI ISI TAS MASIH TETAP.Semoga bermanfaat.Pengunjung dan pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat dapat memberikan pendapat (kritik dan saran) yang membangun melalui kotak komentar di bawah ini.



Juhar, 23 Mei 2018

2 komentar:

Kamila Harahap, S. Pd mengatakan...

Keren pak 😊😊😊

Abdi EKA Tarigan mengatakan...

Terima kasih bu,

Blog Ibu juga Keren...