WAWASAN WIYATA MANDALA DI SMA NEGERI 1 JUHAR - FISIKA EKA Ku Suka

Selasa, 17 Juli 2018

WAWASAN WIYATA MANDALA DI SMA NEGERI 1 JUHAR




Pengertian Wawasan Wiyata Mandala
Wawasan berarti pandangan; tinjauan. Wiyata berarti pengajaran; pendidikan. Mandala berarti bulatan; kawasan; lingkungan. Wawasan Wiyata Mandala adalah cara memandang sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan pembelajaran.


Wawasan Wiyata Mandala dapat juga diartikan sebagai pandangan atau sikap hidup yang mendalam terhadap sekolah sebagai lingkungan peendidikan.Lingkungan sekolah yang harus dipahami secara mendalam bukan saja lingkungan secara fisik, tetapi juga lingkungan sosialnya.


Proses seorang siswa untuk memiliki Wawasan Wiyata Mandala harus melalui 3 tahap, yaitu :
1.MENGETAHUI
Lingkungan fisik sekolah adalah lingkungan yang dapat diketahui melalui pancaindra. Contohnya mengetahui tempat Ruang Guru di mana.Mengetahui letak perpustakaan di mana. Mengetahui fasilitas apa saja yang ada di sekolah.

2.MENGENAL
Setelah mengetahui, letak sebuah lingkungan fisik, siswa harus mengenalnya.Berarti memahami seluk beluknya. Misalnya setelah mengetahui letak perpustakaan, harus dikenali perpustakaan tersebut.Apa saja yang ada diperpustakaan, dan bagaimana fungsi dan cara memanfaatkan koleksi perpustakaan.

3.MENCINTAI
Setelah mengenal , tahap selanjutnya adalah mencintai.Semua lingkungan yang ada di sekolah harus dicintai .Misalnya sudah mengenal Perpustakaan, perpustakaan tersebut harus dicintai dengan dengan cara dimanfaatkan, dikunjungi dan dijaga kebersihannya.
Ingat, yang harus diketahui tidak hanya perpustakaan , tetapi seluruh lingkungan sekolah mulai dari halaman paling belakang kelas himgga gerbang sekolah.
Tahap mengetahui, Mengenal dan Mencintai juga harus dilakukan terhadap lingkungan sosialnya. Mengetahui Guru, mengenal Guru kemudian mencintai Guru. Mengetahui namanya siapa, mengenal karakternya bagaimana, dan mencintainya dalam wujud takzim, hormat dan patuh terhadap tugas yang diberikan.

Peran Siswa dalam Wawasan Wiyata Mandala
Tidak hanya diwujudkan dalam bentuk pengetahuan yang ada dalam pikiran , Wawasan Wiyata Mandala juga harus diwujudkan dalam perilaku sehari-hari di sekolah.

Berikut ini peran siswa yang telah memiliki Wawasan Wiyata Mandala;
1.Terhadap Sekolah :menjaga kebersihan, tidak merusak, patuh dan tertib

2.Terhadap Kepala Sekolah dan Guru : Hormat, patuh, taat, terhadap tugas yang diberikan, bertegur sapa dengan guru secara sopan, menghormati selaku orang tua di sekolah.

3.Terhadap sesama teman : Saling menjaga, saling membantu jika kesulitan, saling mengingatkan jika melakukan kesalahan, tidak mengejek, dan tidak menyakiti hati sesama teman.

4.Terhadap Kegiatan Sekolah, Yang termasuk dalam kegiatan sekolah meliputi semua kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah termasuk kegiatan ekstrakurikuler, maka siswa harus :
a.Mengikuti kegiatan dengan sepenuh hati dan
b.Menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan kegiatan yang diikuti.
c.Bersikap ramah selama kegiatan dan selama bersekolah.
d.Menggunakan BAHASA INDONESIA yang baik serta benar sesuai peruntukkannya.
e.Berkata jujur, disiplin, dan bersikap sabar serta memupuk rasa persaudaraan.

Juhar, 17 Juli 2018









0 komentar: