Mr AET, Workshop SAGUSABLOG dan FISIKA EKA Ku Suka - FISIKA EKA Ku Suka

Sabtu, 12 Mei 2018

Mr AET, Workshop SAGUSABLOG dan FISIKA EKA Ku Suka





Selamat malam semangat pagi
Pengunjung dan pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat,

Workshop SAGUSABLOG (Satu Guru Satu BLOG) mulai Maret 2017 pelaksanaanya terbagi menjadi 2 pelaksanaan. Ada yang Workshop Online dan ada yang Workshop Live SAGUSABLOG.


Kegiatan workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Ikataan Guru Indonesia (IGI) yang dilaksanakan melalui media online penuh(Full Online) menggunakan Aplikasi Telegram dalam komunikasi dan diskusi  online.Kegiatan ini cukup menarik perhatian guru-guru Indonesia.Terbukti kegiatan perdana yang dimulai tanggal 22-29 Oktober 2016 diikuti 200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

 Sebagai wujud pengghargaan terhadap peserta Workshop Online SAGUSABLOG, maka Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia mengeluarkan sertifikat resmi (dalam format PDF) yang akan didapatkan peserta workshop online SAGUSABLOG, syarat untuk mendapatkan sertifikat adalah sebagai berikut :
1.Memiliki No.KTA IGI Terbaru(Terdaftar resmi di SISFO  IGI : http:// anggota.igi.or.id
2.Menyelesaikan semua Materi di kelas Online SAGUSABLOG.

(sumber : www.sagusablog.com)


Sementara syarat untuk mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG yang terkini adalah sebagai berikut :
1.  Mempunyai No KTA IGI Terbaru (terdaftar secara resmi di Sistem keanggotaan IGI: http://anggota.igi.or.id)
2.  Mempunyai laptop/ tablet A8
4.  Koneksi internet
5.  Email gmail aktif

6.  Mendaftar online untuk mendapatkan kelas dalam group telegram

Sebagai anggota IGI yang baru pada waktu itu (tahun 2016) penulis masih menimbang-nimbang tentang Workshop Online SAGUSABLOG. Masalahnya, sarana dan prasarana tempat penulis bertugas belum memiliki Laboratorium Komputer dan Jaringan Internet belum sampai.


Adalah ketua IGI Kabupaten Karo yang memotivasi, “ Diikuti lah Workshop Online SAGUSABLOG....”. Pada waktu itu sedang berlangsung Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang Ke-3. Sang Ketua IGI kabupaten Karo mengikutinya dan belum beruntung LULUS.


Penulis mulai penasaran, kok bisa gak LULUS ya..... Akhirnya , penulis memutuskan untuk akan ikut di Gelombang ke-4 Workshop Online SAGUSABLOG.

Berikut penulis uraikan urutan pelaksanaan Workshop Online SAGUSABLOG sampai Workshop LIVE SAGUSABLOG yang terselenggara di Provinsi Sumatera Utara dan sampai nama Penulis yang tertera di spanduk Workshop :
1.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 1 (22-29 Oktober 2016)
2.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 2 ( 1-7 Nopember 2016)
3.Workshop Online SAGUSABLOG  Gelombang 3 (21-27 Nopember 2016)


Mulai Gelombang ke- 1 sampai Gelombang ke-3. Penulis belum nampak namanya di Workshop tersebut.
4.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang ke-4 (12-18 Desember 2016)
Nah, disini penulis untuk pertama sekali seumur hidupnya mengikuti Workshop Online. Nama ABDI EKA TARIGAN sudah ada tertera. Nama tersebut mulai detik ini kita singkat saja, biar praktis dan simpel menjadi Mr AET.Dan Blog yang dibuat Mr.AET pada pelatihan Workshop Online Gelombang ke-4 ini adalah bernama  blog FISIKA EKA Ku Suka dengan alamat blog : www.tariganabdieka.blogspot.co.id





Pada Workshop Online Gelombang ke-4 ini, Mr AET masuk Kelas DASAR ( Kelas Pemula) sebagai PESERTA.
5.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang ke-5 (8-15 Januari 2017)
Pada workshop ini Mr AET masuk di kelas LANJUTAN.Masih sebagai peserta workshop.
6.Workshop Online SAGUSABLOG gelombang ke-6(29 Januari – 05 Pebruari 2018) dan di Workshop inilah Mr AET untuk pertama sekali menjadi Pelatih Pendamping ( Mentor). Sebagai Mentor Pemula, Mr AET memilih di Kelas Dasar(Kelas Pemula).
7.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang ke-7
Untuk  yang ked-2 kali menjadi Mentor di kelas dasar.

8.Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang ke-8 (25-31 Desember 2017)
Pada Gelombang ke-8 ini, Mr AET tidak menjadi Mentor akan tetapi mengikuti pelaksanaan Workshop Online SAGUSABLOG. Jadi sebagai pemantau saja. Monitoring ketika ada waktu senggang. Tetapi bergabung dalam grup Telegram.

9.Workshop Online Gelombang ke-9(( 11 - 17 Maret 2018)
Sudah mulai percaya diri dan langsung menjadi Mentor kelas Dasar dan Kelas  Lanjut.

10.Workshop Online Gelombang ke-10 ini Kanal SAGUSABLOG berkolaborasi dengan Maluku Belajar. Pelaksanaan Workshop Online selain menggunakan Aplikasi Telegram juga menggunakan LMS Maluku Belajar. Dan Mr AET dilibatkan sebagai Mentor atau Master istilah pada kanal Maluku Belajar. ( 9 April – 30 April 2018)





Itulah perjalanan Workshop Online SAGUSABLOG dan Mr AET masih eksis mengikutinya. Mulai dari sebagai PESERTA sampai menjadi MENTOR.

Khusus untuk Workshop SAGUSABLOG LIVE di Sumatera Utara juga tidak mau absen Mr AET mendampingi Workshop SAGUSABLOG Live tersebut. Dan tanpa terasa di Tahun 2018 ini sudah 2 kali pelaksanaan Workshop SAGUSABLOG LIVE di Provinsi Sumatera Utara, yaitu :

1.Workshop SAGUSABLOG LIVE Karo(26 Januari 2018)
2.Workshop SAGUSABLOG LIVE Serdang Bedagai(29 April 2018)



Dan menurut khabar yang Mr AET dengar Kota Madya Medan akan mengadakan SAGUSABLOG LIVE, bahkan IGI Kabupaten Karo juga tidak mau ketinggalan. Sekaligus HUT IGI Kab.Karo yang ke-2 dan sekaligus Workshop SAGUSABLOG LIVE KARO-2.

Workshop SAGUSABLOG Online khabarnya bulan Mei 2018 akan diselenggarakan. Dan menurut penulis akan banyak pesertanya. Karena yang Lulus dari Pelatihan Maluku Belajar ditambah Pelatihan-pelatihan SAGUSABLOG LIVE dari berbagai daerah sudah menunggu Workshop Online ini untuk melanjutkan di Kelas Lanjutan.

Artikel ini mulai menjadi istimewa, karena secara tidak langsung mulai mengenalkan Mr AET ke publik. Maklum lumayan panjang juga nama penulis. Jadi biar sedikit praktis menyebutnya dan menulisnya. Semacam Launching nama Mr AET. Dan pada bulan Mei ini kebetulan pas sekali momentnya, yaitu bulan Kelahiran penulis.

Demikian artikel Mr AET, Workshop SAGUSABLOG dan FISIKA EKA Ku Suka .Semoga bermanfaat.Pengunjung dan pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat dapat memberikan kritik dan saran yang membangun melalui kotak komentar di bawah ini.



TG.MORAWA, 12 Mei 2018

ABDI EKA TARIGAN (Mr AET)














0 komentar: