SARAN UNTUK KETUA IGI KAB.KARO YANG AKAN MENGIKUTI RAPAT PENGURUS WILAYAH DAN PENGURUS DAERAH IGI SE SUMATERA UTARA - FISIKA EKA Ku Suka

Sabtu, 22 September 2018

SARAN UNTUK KETUA IGI KAB.KARO YANG AKAN MENGIKUTI RAPAT PENGURUS WILAYAH DAN PENGURUS DAERAH IGI SE SUMATERA UTARA




Selamat malam semangat Pagi
Pengunjung dan pembaca Setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat,




A.Merayakan HUT IGI Kabupaten Karo yang ke-2
Karena ketika HUT IGI yang pertama adem ayem alias dingin se dingin Kota Berastagi. Padahal momentum HUT IGI Kabupaten Karo dapat dijadikan sebagai momentum introspeksi seluruh PENGURUS IGI Kab.Karo serta ANGGOTA IGI Kabupaten Karo.


Sudah 2 tahun IGI Kab.Karo tanpa terasa, sudah apa saja kira-kira yang dapat diberikan untuk IGI Kab.Karo. Dan selanjutnya nanti ke depannya apa-apa yang dapat dilakukan untuk IGI Kabupaten Karo.


Penulis sebagai ANGGOTA IGI Kabupaten Karo menyaran bagaimana sambil merayakan HUT IGI Karo dibuat Pelatihan atau Workshop Gratis. Dan yang paling stanbay adalah Pelatihan atau Workshop LIVE SAGUSABLOG (Satu Guru Satu BLOG ).


Karena dari IGI Kabupaten Karo sudah ada 4 Mentor Nasional SAGUSABLOG. Bahkan IGI Karo telah sukses melaksanakan Workshop LIVE SAGUSABLOG Karo pada Januari 2018. Selanjutnya Mentor SAGUSABLOG dari IGI Kabupaten Karo juga sudah sukses ACTION di Workshop Live SAGUSABLOG Serdang Bedagai(April 2018)


Adapun Mentor Nasional dari IGI Kabupaten Karo adalah :
1.Drs Erwin Tanjung
2.Dewi Setiawati
3.Abdi EKA Tarigan
4.Kartini Kapadia Br Sembiring.


Jadi, pada tanggal 15 Oktober 2018 yang akan datang, genap 2 tahun IGI Kabupaten Karo.Mari kita rayakan secara sederhana sambil membuat pelatihan atau Workshop Live SAGUSABLOG Gratis.




B.Perbedayaan ANGGOTA IGI Kabupaten Karo
Beberapa Anggota IGI Kabupaten Karo mulai banyak mengikuti Workshop Online atau Pelatihan Online. Misalnya Workshop Online SAGUSABLOG, Pelatihan dari Maluku Belajar.


Tentunya sangat disayangkan apabila belum diberdayakan oleh IGI Kabupaten Karo.Dengan semangat Sharing and Growing together tentu rekan-rekan Anggota yang mengikuti Workshop atau Pelatihan men-share Pengetahuannya.

1.Share  WhatsApp(WA)
Salah satu cara meng-share Pengetahuan yang di dapat dari Workshop atau Pelatihan Online tersebut, misalnya mengadakan SHARE WhatsApp(WA) atau penulis membuat istilah ShareWA (baca : Share We A ).

Apalagi di IGI Kabupaten Karo selama ini media komunikasi melalui grup WhatsApp IGI KAB.KARO. Tentunya semakin bermakna grup WA tersebut apabila setiap seminggu sekali diadakan ShareWA. Nara sumber bisa dari Anggota IGI Kabupaten Karo yang telah mengikuti Sharegram dari grup-grup Telegram di IGI selama ini.

Tidak perlu sampai puluhan peserta share WhatsApp tersebut. Ada 4 sampai 10 orang saja dan dijalan secara kontinu setiap minggunya suka Oke sekali.





2.Pelatihan LIVE sebulan atau 2 bulan sekali.
Selain share WhatsApp, perlu juga dibuat sebulan sekali atau dua belan sekali Pelatihan LIVE. Bukankah sudah banyak Anggota IGI Kabupaten Karo yang mendapat Sertifikat Nasional.


Sambil meng-share Ilmu pengetahuan juga latihan menjadi Nara Sumber. Harus dicoba dulu sambil mengambil data pelatihan apa yang dibutuhkan oleh Anggota IGI Kabupaten Karo.


Untuk permulaan kita tidak perlu mengharap peserta sampai ratusan. Ada saja sampai 10 Peserta sudah lumayan. Dengan kontinu kita buat, mudah-mudahan Anggota yang lain akan meluangkan waktunya untuk bergabung dan mau juga meng-share pengetahuannya.


C.IGI Goes to School
Dalam rangka perekrutan Anggota baru penulis menyarankan IGI Kabupaten Karo perlu sesekali mengunjungi sekolah-sekolah. Selain membuat Pertemuan dan  Pelatihan tentunya sambil promosi.

Mengenai waktu kunjungan dan tempat kunjungan tentunya Pengurus IGI Kabupaten Karo bisa berdiskusi. Walau sesekali akan tetapi telah menunjukkan bahwa IGI kabupate Karo mau road Show.


D.Kolaborasi Pelatihan (Workshop)
Perlu juga sesekali IGI Kabupaten Karo membuat terobosan pelatihan bekerja sama dengan IGI kabupaten/Kota Madya daerah lain. Selain sambil berdarma wisata juga dapat menambah pengetahuan.


Bukankah di IGI Kabupaten/Kota Madya daerah lain juga ada Pelatih-pelatih Nasional. Dengan semangat Sharing and Growing Together dan kolaborasi tentunya Pelatihan atau Workshop akan semakin menarik.





Komunikasi dan Kerja sama yang baik antara Pengurus IGI Kabupaten Karo dengan Pengurus IGI Daerah lain diperlukan untuk mensukseskan Kolaborasi Pelatihan atau Workshop tersebut.


Itu saja barangkali sementara  point-point usulan ANGGOTA IGI Kabupaten Karo untuk Ketua IGI Kabupaten Karo yang akan berangkat esok pada Rapat Pengurus Wilayah IGI Sumatera Utara dengan Pengurus IGI Daeran se Sumatera Utara di Medan.


Usulan atau saran Anggota IGI Kabupaten Karo ini sudah dimohonkan sekali oleh Sang Ketua IGI Kabupaten Karo agar disampaikan secara pribadi pada WhatsApp nya.


TG.MORAWA, 22 September 2018


Abdi EKA Tarigan
ANGGOTA IGI Kabupaten Karo

0 komentar: