SUDAHKAH ALUMNI SAGUSAMPE MENULIS DI BLOG IGI HARI INI - FISIKA EKA Ku Suka

Selasa, 01 Januari 2019

SUDAHKAH ALUMNI SAGUSAMPE MENULIS DI BLOG IGI HARI INI


Selamat pagi  Semangat Pagi
Pengunjung dan Pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang Hebat.
Diawal minggu tahun 2019 ini kembali penulis meluangkan waktu berkunjung, menulis dan mengirim artikel ke BLOG IGI yang spesial ini.Dan pada pagi ini penulis melihat daftar penulis sudah mencapai 2093 Penulis. Sedangkan jumlah artikel sebanyak 5959 artikel di BLOG IGI.
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari oleh penulis di BLOG. Melalui keterampilan menulis, penulis dituntut untuk kreatif dan aktif dalam berpikir dan beraktivitas sebanyak mungkin menuangkan ide-ide yang dimilikinya ke dalam bahasa tulis di BLOG IGI.

Menurut Akhadiah, S. dkk. (1988:2), menulis merupakan suatu proses, yaitu proses penilaian. Ini berarti dalam melakukan kegiatan menulis ada beberapa tahap, yakni tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang mempunyai tahapan.

Sementara itu, menurut Syamsudin (1991:2), dalam arti sederhana menulis itu mencoret-coret dengan alat tulis, dan dalam arti sesungguhnya menulis adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa yang dimiliki dan digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi tidak langsung. Pendapat di atas menunjukan bahwa menulis merupakan salah satu cara dalam melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa harus saling berhadapan.

Kuswari (2009:28) mengungkapkan menulis merupakan kegiatan yang mengasyikan bahkan menulis bisa disebutkan sebagai kegiatan kreatif yang akan mengantarkan siswa menjadi orang yang sukses di bidang karya tulis. Maksud dari pengertian di atas bahwa dengan mempunyai kemampuan menulis dapat membuat sukses apabila dalam tulisan tersebut mempunyai manfaat untuk dibaca.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:1219) terdapat pengertian menulis yaitu melahirkan pikiran atau gagasan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis merupakan kegiatan yang bisa melahirkan kreativitas seseorang. Dengan demikian, tulisan mempunyai kekuatan yang sangat besar.

Tarigan (2005:15) menjelaskan bahwa menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Dalam hal ini, menulis merupakan kegiatan menuangkan bahasa lisan atau isyarat menjadi bahasa tulis (grafik) sehingga orang menjadi paham maksud dari apa yang disampaikannya.

Begitu pula menurut Wiyanto (2006:1), menulis adalah mengubah bunyi yang dapat didengar menjadi tanda-tanda yang dilihat, kemudian kegiatan menulis mengungkapkan gagasan secara tertulis. Sebuah bunyi yang terdengar, kemudian diolah oleh pikiran, sehingga bunyi tersebut dapat dijelaskan kembali dalam bentuk tulisan.

Alwasilah (2007:5) menyatakan bahwa menulis justru diawali dengan penggunaan bahasa secara ekspresif dan imajinatif seperti lewat catatan harian. Artinya, keterampilan menulis dapat diperoleh dari kebiasaan menulis. Membiasakan menulis berarti melatih diri menggunakan kosakata dan bahasa kemudian merangkainya, sehingga tercipta kalimat yang baik.
sumber :Blog Gerakan Menulis Bersama
Pada Grup TELEGRAM IGI se INDONESIA Bapak Ketua Umum IGI menshare :
MRR Muhammad Ramli Rahim:
29/04/17 10.27.22: MRR Muhammad Ramli Rahim:
Kawan-kawan IGI, apapun kegiatan IGI, mohon seluruh peserta diarahkan membuat tulisan singkat dan upload ke blog resmi IGI. Ini penting untuk syiar IGI dan membudayakan guru menulis.

Di blog IGI, guru bisa memiliki akun sendiri dan bebas mengupload tulisannya sendiri kapan saja dan dimana saja. Caranya sangat mudah :

Pada awalnya penulis menulis di BLOG IGI merupakan keharusan Peserta workshop SUMUT SAGUSAKU, karena itu salah satu tugas yang harus dilakukan peserta.

Jadi, pada hari pertama (26 Agustus 2017) mengikuti Workshop SAGUSAKU  di Medan, penulis mencoba mendaftar di BLOG IGI. Kemudian, pada hari ke dua(27 Agustus 2017) penulis mencoba membuat tulisan perdana dan mengirimkannya ke BLOG IGI.
Dan artikel perdana penulis yang dkirim untuk BLOG IGI adalah berjudul :
SAGUSAMPE(Satu Guru Satu Media Penyimpanan) merupakan kanal baru di IGI (Ikatan Guru Indonesia). Kanal tersebut berasal dari Sumatera Utara dan kebetulan sebagai Foundernya adalah Bapak Muliadin Harahap yang kebetulan juga merupakan Ketua IGI Wilayah Sumatera Utara.
Workshop Perdana SAGUSAMPE telah dilaksanakan di Kabanjahe dengan penyelenggara IGI Kabupaten Karo pada tanggal 20 Nopember 2018. IGI Kabupaten Karo mendapat kehormatan sebagai tempat Launching Kanal SAGUSAMPE.Dan penulis merupakan Alumni Workshop SAGUSAMPE IGI Karo.

Beberapa hari yang lalu, Minggu 16 Desember 2018 bertempat di Aula SMA Negeri 1 Tanjung Morawa telah diselenggarakan Workshop SAGUSAMPE yang ke-2 di Sumatera Utara. Penyelenggara adalah IGI Kabupaten Deli Serdang. Delapan puluhan guru dengan antusias mengikuti tahap demi tahap pelaksanaan Workshop SAGUSAMPE Deli Serdang.
Setelah selesai Workshop SAGUSAMPE Deli Serdang ternyata grup WhatsApp SAGUSAMPE DELI SERDANG sebagai media komunikasi pembelajaran masih selalu ramai dikunjungi. Apa lagi ada rencana setelah Workshop SAGUSAMPE maka pada tahun 2019 akan diadakan workshop SAGUSABLOG(Satu Guru Satu BLOG).
Dan penulis pelan-pelan men-share artikel-artikel yang penulis kirim ke BLOG IGI ke Grup WhatsApp SAGUSAMPE Deli Serdang. Ternyata ada beberapa alumni SAGUSAMPE Deli Serdang yang berminat untuk menulis dan mengirim artikel ke Blog IGI. Terbukti sudah ada yang sukses bergabung dan mengirim artikel ke BLOG IGI.

Demikian artikel SUDAHKAH ALUMNI SAGUSAMPE MENULIS DI BLOG IGI HARI INI  .Semoga menginspirasi penulis, pembaca khususnya alumni SAGUSAMPE Deli Serdang .Pengunjung dan pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat dapat memberikan kritik dan saran yang membangun pada kotak komentar di bawah ini.

TG.MORAWA, 1 Januari 2019
ABDI EKA TARIGAN
Anggota IGI Kabupaten Karo

0 komentar: