SERVICE RINGAN, GANTI OLI DAN GANTI BEARING BELAKANG LAGI DI BENGKEL RESMI YAMAHA ALFASCOPII TG MORAWA - FISIKA EKA Ku Suka

Rabu, 17 November 2021

SERVICE RINGAN, GANTI OLI DAN GANTI BEARING BELAKANG LAGI DI BENGKEL RESMI YAMAHA ALFASCOPII TG MORAWA

 


Ahoiii…

Selamat malam semangat pagi

Salam Gass…Polll

 

Tanpa terasa karena tiap hari Senin ke Kabanjahe, tepatnya ke ke Blok B-15 Green City Residence 7 Kacaribu dan tiap jumat kembali ke Gang Sumber Lorong Mawar Tanjung Morawa maka kilo meter yang sempat penulis catat tadi pagi pada unit NMAX Hitam Doff sewaktu memanaskan mesin adalah :

-49 287 km

-2218 km untuk OLI

-24 365 untuk Vbelt

Maka jelang siang penulis menuju bengkel resmi Yamaha Alfascopii Tanjung Morawa. Tidak perlu menunggu lama langsung dipegang oleh salah satu Mekanik handal bengkel Alfascopii Tanjung Morawa.

Ketika unit NMAX Hitam Doff sudah parkir di ruang service penulis mendekati mekanik dan berkata :

“ Sesekali seperti ada suara Cittt….Cittt pada bagian roda belakang “

Diperiksa oleh mekanik, ternyata bearing atau lahar belakang mulai ada gangguan. Padahal baru beberapa bulan yang lalu diganti. Akan tetapi bukan merek Yamaha melainkan dibeli pada toko Sparepart yang ada di Kota Tanjung Morawa. Penulis memutuskan untuk mengganti saja karena siangnya akan berangkat menuju ke Kabanjahe.

Menurut pendapat mekanik bengkel Alfascopii cepatnya bearing mengalami gangguan karena beban yang berat barang-barang pada BOX Shad unit NMAX Hitam Doff ditambah iklim musim penghujan yang selalu kena air dan bahkan masuk air kebagian dalam bearing sehingga mempercepat perkaratan.

Memang dalam beberapa minggu terakhir perjalanan penulis dengan unit NMAX Hitam Doff selalu kena hujan. Sehingga awalnya dugaaan suara cittt…. Citttt tadi mungkin karena kotornya pada bagian rem belakang. Itu juga pendapat bagian pendaftaran service ketika penulis service dang anti oli Yamalube bulan yang lalu.

Karena sparepart untuk bearing belakang belum ada, rencana akan dibeli juga di Toko Apolo Tanjung Morawa. Tapi bagian penerimaan service mengatakan coba periksa dulu digudang penyimpanan mana tau masih ada stok bearing belakang. Karena yang lalu ada pesan 2 buah bearing belakang.

Setelah memeriksa melalui komputer ternyata masih ready itu bearing belakang di Gudang. Akhirnya tidak jadi beli diluar bearing belakang tadi. Dan bearing dari Yamaha yang dipasang pada bagian belakang unit NMAX Hitam Doff penulis.

Mendekati pukul 12.00 WIB selesai service ringan, ganti oli dang anti bearing belakang (lahar ) unit NMAX Hitam Doff. Berikut ini taksasi yang haris dibayar pada bagian kasir bengkel Yamaha Alfascopii :

-Service Ringan                         Rp 75 000,-

-Biaya pemsangan Bearing   Rp 15 000,-

-Bearing Belakang                    Rp 44 000,-

-Oli Yamalube dang anti oli   Rp 71 000,-

Sehingga total yang harus diserahkan adalah Rp 205 000,-


Selesai service ringan, Ganti oli dan Ganti Lahar penulis menjemput Mom yang sudah pulang dari Perguruan Sumatera. Singgah di SPBU untuk isi BBM ke Blok B-15 Green City Residence 7 Kacaribu.

 

TG Morawa, 16 November 2021

Om AET #031 YNCI DS











0 komentar: