SERVICE CVT DI BENGKEL CASTROL YAMAHA KABANJAHE - FISIKA EKA Ku Suka

Rabu, 21 Februari 2024

SERVICE CVT DI BENGKEL CASTROL YAMAHA KABANJAHE



Selamat Malam Semangat Pagi

Pengunjung dan Pembaca Setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat

Salam Sehat,

Hari Sabtu, 17 Februari 2024  mendekati pukul 10.00 WIB penulis ke bengkel Alfascopii Tanjung Morawa untuk service Ringan NMAX Hitam Doff yang sudah waktunya diservice dan penulis lihat kiolometer pada Speedometer NMAX adalah :

-115 353 km

-911 km Oli

-16 231 km Vbelt

Karena akhir pekan dan ada pula program Service Gratis cukup ramai yang antri di bengkel resmi Yamaha Alfascopiii sehingga akhirnya penulis batalkan untuk service ringan NMAX Hitam Doff. Tak lupa ketika akan kembali ke rumah penulis, menanyakan Bearing Belakang NMAX yang sudah dipakai sewaktu di Karo.Untuk Cadangan NMAX. Rupanya sedang kosong sparepart tersebut di Alfascopii Tanjung Morawa.Rencana penulis ketika di Karo akan diservice di bengkel Castrol Yamaha Kabanjahe.

Minggu, 18 Februari 2024 seperti biasa penulis berangkat siang hari menuju ke Perumahan Green City Residence7 Kacaribu Kecamatan Kabanjahe. Penulis sempat mencatat kilometer pada Nmax : 115 383 kilometer. Dan sampai di Blok B-15 Kacaribu menjadi 115 476 kilometer.

Hari Senin, 19 Februari 2024 rencana pulang sekolah langsung ke bengkel Castrol Yamaha  Kabanjahe, rupanya hujan dan penulis batal ke bengkel. Hari Selasa , 20 Februari 2024 pulang sekolah dari Juhar kena hujan ketika melewati SMA Negeri 1 Munte dan batal lagi ke bengkel Castrol Yamaha untuk Service ringan NMAX Hitam Doff.

Hari Rabu, 21 Februari 2024 jam pelajaran ke-3 penulis masuk kelas, sehingga ada kesempatan untuk ke bengkel Castrol Yamaha Kabanjahe. Malamnya penulis sempat mencatat speedometer NMAX :

-115 628 km

-1186 km Oli

-16 505 km Vbelt

Sewaktu tiba di bengkel Castrol Yamaha sudah ada beberapa unit nampak yang diservice. Penulis tertarik pada satu unit NMAX New yang diservice. Rupanya ada gangguan pada ECU.

Segera penulis Googling dan mendapat info tentang ECU. Yamaha NMAX  menggunakan sistem injeksi untuk menyalurkan bahan bakar .Hal ini membuat proses pembakaran mesin lebih sempurna terlebih prosesnya diatur oleh ECU (Electronic Control Unit ).

ECU berfungsi untuk mengatur semua semua proses pembakaran mesin.Jika terdapat masalah pada mesin, perangkat elektronik tersebut akan mengirimkan informasi melalui panel instrumen, berupa kode-kode. Kode ini memudahkan para mekanik mendeteksi masalah yang terdapat pada mesin.

Setelah selesai Service penulis menuju kebagian Kasir dan menanyakan berapa biayanya. Rupanya pada kwitansi pembayaran tertulis :

-Service CVT Rp 90 000,-

 

Kacaribu, 21 Februari 2024

Om AET #031 YNCI DS


GANTI BEARING BELAKANG, OLI MESIN, OLI GEAR DI CASTROL YAMAHA KABANJAHE




0 komentar: